Minggu, 02 Juli 2017

Pantun Betawi Lainnya

PANTUN BETAWI | Sebagai salah satu budaya bangsa, Pantun Betawi perlu kita lestarikan keberadaannya. Walaupun dikenal sebagai pantun lucu, pantun betawi ternyata memiliki fungsi lebih dari itu. Pantun Betawi biasanya berisikan tradisi dan kebiasaan sehari-hari orang betawi. Seperti beberapa pantun berikut yang mencerminkan gaya hidup orang betawi pada umumnya.

Ambil duren buat jamu
Beli mangga di pasar pagi
Udah lama kagak ketemu
Malem ini ane gabung lagi

Beli jimat belinya di slipi,
Di slipi rumahnya Mpo Yaya.
Malem jumat ngapa sepi,
Sepi pada kemana yaa?

Jalan-jalan ke pasar baru,
Jangan lupe mampir swalayan.
Perkenalkan aye wahyu,
Asal dari kebayoran.

Pak guru makan permen
Permen nya rasa kedondong
Aku member baru,
Mau ikutan komen boleh dong

Hape simen buat pak erte,
Batu lemah di cas jam tuju.
Ane demen ma pendpat ente,
Klo begtu mah ane setuju.

Pantun Betawi, Pantun Lucu, Pantun Nasehat, Pantun Agama, Pantun Islami, Pantun Cinta,
Pantun Betawi Lainnya | www.1001-patnunbetawi.blogspot.com

Eh ujan gerimis aje,
Ikan teri di asinin.
Eh empok kok diem aje,
Mending ngopi abang temenin.

Daun salam dibawa atun
Daun salam belinya ditanah abang
Kuucapkan salam santun
Dan salam kenal ya bang

Pohon salam tumbuh di kanal
Dipakai sedikit bumbu urap
Salam salam boleh kenal
Tapi gak usah banyak berharap

Belok kanan kudu ati-ati
Nenek-nenek kaga punye banda
Tulung jangan dimasukin ati
Kan ane cuma bercanda,

Anak sapi di depan konter,
Kupasin kelapa dibikin tumis.
Lha ini kopi pait bener,
Tambain gula dikit napa biar manis.

Pantun Betawi, Pantun Lucu, Pantun Nasehat, Pantun Agama, Pantun Islami, Pantun Cinta,
Pantun Betawi Lainnya | www.1001-patnunbetawi.blogspot.com


Beli rebung dipasar kenari
Dari cikarang ke cileunyi.
Mandiin burung tiap pagi, 
Ampe skarang kagak bunyi-bunyi

Makan permen jangan dikulum
Beli paku pada karat
Assalamualaikum
Yang gak nyaut biar pada asem urat

Anak lutung emanye mewek
Sop kaki dirantang babe Luh
Untung khusus anak cewek
Kalo laki gue Gibeng Luh...

Makan bubur pake kuah sagu
Anak sapi pake celana
Libur ma ampe 2 minggu
Lah tapi kaga kemana mana

Luar pelabuan namanya dermaga,
Mau berenang mesti ati-ati.
Kalo permpuam kepengen masuk sorga,
Harus turutin dah apa kata suami.

Ntu die Pantun Betawi Lainnya, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Jumat, 30 Juni 2017

Pantun Betawi Nasehat Bijak (Part 2)

PANTUN NASEHAT | Pantun merupakan karya sastra lama yang sudah menjadi budaya Nusantara. Dulunya pantun sarat akan nilai moral yang berisikan nasehat-nasehat tentang hidup. Walaupun peran pantun bergeser, namun tetap isi pantun yang berupa nasehat masih banyak kita jumpai. Nah, berikut adalah beberapa contoh pantun betawi yang berisikan nasehat-nasehat. Semoga bermanfaat.

Darimana datang nya lintah,
Dari sawah turun ke kali.
Daripada urusan nya mentah,
Mending santai sambil ngupi.

Hari minggu paling enak tamasya,
Oleh-oleh nya bawa tahu bulat.
Udah masuk waktu isyaaa,
Nyok kita pada shalat.

Intan beli rambutan, 
Rambutan dari cipinang. 
Mantan bukan pahlawan,
Tidak perlu untuk dikenang.

Makan ketan dicampur bakwan,
Jaket kulit ngebungkus pakan.
Mantan memang bukan pahlawan,
Tapi sulit tuk di lupakan.

Layar perahu boleh tarikin,
Sepatu baru boleh di beliin.
Biar kata kita orang miskin,
Sholat 5 waktu jangan tinggalin.


Pantun Nasehat, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Bijak, Pantun Betawi Bijak.
Pantun Betawi Nasehat Bijak (Part 2) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Kupi diseduh air mendidih,
Tambe gule diaduk rate.
Biar ati nggak tambah sedih,
Mari berpantun ala jakarte.

Ada rante iket di gergaji,
Buat belah biji ketapang.
Ente malam jumat bukannya ngaji,
Eh malah ngadu cupang.

Karang bolong dibikin buat film laga
Beli songkok di jatiwaringin
Walau pun jarang aye olah raga
Kalo ngrokok ma aye ude kurangin

Pedang besi karat dilap tisu,
Pake piyamah duduk di teras.
Kalo orang mah mo sehat minum susu,
Eh ini mah malah minum aer beras.

Kelabang demennya makan undur undur
Daerah plosok di nusa kembangan
Udah bang ente cuci kaki terus tidur
Nanti besok sekolahnya ke siangan

Pantun Nasehat, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Bijak, Pantun Betawi Bijak.
Pantun Betawi Nasehat Bijak (Part 2) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Jalan ke pasar beli sawi, 
Belinye sama pedagang batu, 
Aye bangga sama orang betawi, 
Dari dulu selalu bersatu

Naek kereta jurusan tegal
Beli ruti dibelah dua
Klo cinta jangan ditinggal
Sehidup semati harus berdua.

Jalan-jalan ke rumah atun
Bawa ke mari seekor angsa 
Mari kita berbalas pantun 
Melestarikan budaya bangsa

Ngomong bukan sembarang ngomong
Ngomong ye bales pantun Abang
Kalo emang ane banyak omong
Ane minte maaf dah bang.

Ke Cimone naek DAMRI
Beli lilin di warung Umi
Maksud ane ngenalin diri
Biar terjalin silaturahmi.

Ntu die Pantun Betawi Nasehat nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Rabu, 28 Juni 2017

Pantun Betawi Lucu Gokil Jenaka (Part 3)

PANTUN LUCU | Pantun merupakan salah satu jenis karya sastra lama. Istilah pantun berasal dari kata 'tun' yang berarti teratur. Mungkin dari istilah tersebut tercermin dari pola sajak pantun yang berakiran a-b-a-b atau a-a-a-a. Pantun memiliki banyak tema dan salah satu temanya adalah untuk menghibur atau pantun lucu. Nah, orang betawi terkenal memiliki lawakan-lawakan dari pantun. Sebagai pelestarian budaya Betawi, berikut adalah beberapa pantun betawi lucu yang pastinya bakal menggelitik perut yang baca. Semoga terhibur.

Kacang di rebus biar mateng
Mateng masak buah ke dondong
Bang ucup aye akuin si orangnya ganteng
Ganteng nya si cuma di kampung gedong

Sarapan pagi pake tempe
Siang dikit pake jagung
Tampangnya ucup sih memang oke
Tapi sayang otaknya linglung

Belok kanan kudu ati-ati
Nenek-nenek kaga punye banda
Tulung jangan dimasukin ati
Kan ane cuma bercanda,

Beli rebung dipasar kenari
Dari cikarang ke cileunyi.
Mandiin burung tiap pagi,
Ampe skarang kagak bunyi-bunyi

Makan permen jangan dikulum
Beli paku pada karat
Assalamualaikum
Yang gak nyaut biar pada asem urat

Pantun Betawi, Pantun Lucu, Pantun Betawi Lucu, Pantun Lucu Gokil, Pantun Jenaka,
Pantun Betawi Lucu Gokil Jenaka (Part 3) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Ke tanah abang beli selendang
Ke cikarang makan nasi padang
Eh bang iye dulu aye rela di panggil sayang
Tapi sekarang kalo manggil lagi aye tendang.

Badan siapa terkena kudis
Obatnya borehin lada
Siang malem abang godain gadis
Pas bersanding ama janda

Ke apotik beli obat kapsul
Ada ikan dimakan trenggiling
Enak punya bini pada sunah rossul
Cuma aye sunahnya ama bantal guling,

Jangan suka minum kapsul
Apa lagi yang warnanya merah
Siapa bilang malem Jumat pada sunah rosul
Orang lagi lampu merah

Kalo kapsul warnanya merah
Bungkus aja bang ama kaen
Kalo lagi lampu merah
Pan ada yang laen

Pantun Betawi, Pantun Lucu, Pantun Betawi Lucu, Pantun Lucu Gokil, Pantun Jenaka,
Pantun Betawi Lucu Gokil Jenaka (Part 3)

Kekemang beli kaen
Eh dapetnye malah pete
Lah emang ada yang laen
Udeh dipepet sama pak Erte

Dari mana asalnya pete
Jalan-jalan beli cakwe
Kalo udah dipepet pak Erte
Masih ada bang disamping rumah pak Erwe

Ke sebrang beli lada 
Sampe di sebrang beli bakwan
Sekarang banyak janda
Yang ngaku-ngaku masuh perawan

Beli lada buat bikin bakwan
Biar janda rasa perawan

Kapal selem udah berkarat
Rumanah beli obat kapsul 
Ini malem, malem jum'at 
Pada siap-siap sunah rasul

Ntu die Pantun Betawi Lucu nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Senin, 19 Juni 2017

Adu Pantun Betawi Battle 9-11

Adu Pantun Betawi | Dalam pernikahan adat Betawi, ada suatu tradisi yang terbilang unik, yaitu tradisi  Palang Pintu. Kita sering melihat tradisi palang pintu tersebut di sinetron-sinteron yang mengambil latar Betawi. Tradisi palang pintu terjadi ketika perwakilan antar dua mempelai (pria dan wanita) bertemu. Untuk meminta izin menemui keluarga mempelai wanita, jawara dari keluarga pria akan berhadapan dengan jawara dari pihak wanita. Nah, adu jawara tersebut dimulai saat keduanya saling adu pantun. Palang Pintu berakhir saat kedua jawara tersebut unjuk gigi jurus silat dan dipersilahkannya keluarga mempelai pria masuk dan bertemu keluarga mempelai wanita. Adu Pantun di tradisi itu pun merambat ke percakapan sehari-hari. Berikut adalah contoh Adu Pantun Betawi di kehidupan sehari-hari.

Battle 9

Ngelap kembang di hari minggu
Makan sekuteng minumnya panta
Maap ye bang kelamaan nunggu
Nih aye dateng membawa cinta

Nenteng sekuteng muterin kota,
Bawa sejadah kasih mantu di tanah koja.
Kalo emang eneng dateng membawa cinta,
Yaudah taro dulu situ di meja.

Makan tape di bantar gebang
Beli sajadah dari sekarang
Yah ilah jangan nape bang
Ntar ajadah diambil orang

Ke solo naek onta lewat sebrang,
Liat qosidah di rumah tukang.
Kalo emang cintanya takut diambil orang,
Lah pindain dah di laci blakang.

Adu Pantun, Pantun Betawi, Adu Pantun Betawi, Adu Pantun Betawi Lucu, Pantun, Pantun Khas Betawi.
Adu Pantun Betawi Battle 9-11 | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Battle 10

Ke apotik beli obat kapsul
Ada ikan dimakan trenggiling
Enak punya bini pada sunah rossul
Cuma aye sunahnya ama bantal guling,

Jangan suka minum kapsul
Apa lagi yang warnanya merah
Siapa bilang malem Jumat pada sunah rosul
Orang lagi lampu merah

Kalo kapsul warnanya merah
Bungkus aja bang ama kaen
Kalo lagi lampu merah
Pan ada yang laen

Kekemang beli kaen
Eh dapetnye malah pete
Lah emang ada yang laen
Udeh dipepet sama pak Erte

Dari mana asalnya pete
Jalan-jalan beli cakwe
Kalo udah dipepet pak Erte
Masih ada bang disamping rumah pak Erwe

Adu Pantun, Pantun Betawi, Adu Pantun Betawi, Adu Pantun Betawi Lucu, Pantun, Pantun Khas Betawi.
Adu Pantun Betawi Battle 9-11 | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Battle 11

Bang beli bandeng dimanado
Pulangnya beli rok mini
Emang gue ganteng kaya aliando
Yang kaga suka ayo dah pantun sini

Dari Manado beli nanas
Dahan kayu seikat di ukir
Kaya Aliando dari monas
Padahal dari dekat kaya bokir

Buat apa lauk bandeng,
Kalo ada ikan tambak,
Buat apa rupa ganteng
Kalo dompet tetep cekak

Bikin baju gambar komodo
Jangan di iket itu terasi
Dari jauh emang mirip aliando
Dari deket ko mirip tesi

Rujak kupa pake terasi,
Di makan sebiji sambil berlari,
Biar rupa kayak is tesy,
Asal baik hati dan baik budi

Ntu die Adu Pantun Betawi Battle 9-11 nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Jumat, 16 Juni 2017

Pantun Betawi Agama (Part 2)

Pantun Betawi Agama | Suku Betawi merupakan suku yang mendiami wilayah Jakarta dan sekitarnya. Namun, karena derasnya arus mobilisasi dari berbagai daerah, kebudayaan Betawi pun kian hari kian tidak tampak. Contoh nyatanya adalah Condet. Condet dulunya merupakan jagar budaya Betawi yang dicanangkan oleh Gubernur Ali Sadikin. Namun, setelah berganti taun, Condet yang dulunya menjadi pusat kebudayaan Betawi kini kian kabur dan tak berbeda jauh dengan kawasan lainnya di Jakarta. Untuk melestarikan budaya Betawi, tak salah berbagi Pantun Betawi. Berikut adalah Pantun Betawi tentang Agama.

Bunga Mawar sedang mekar
Harumnya wangi menyebar
Sholat Ashar Yuk Sholat Ashar,
Bersembah sujud kepada Yang Maha Benar. . .

Kecubung batu dari pulau bintan
Disanding elok dengan berlian
Berhubung sabtu udah Ramadhan
Salah dan Khilaf mohon dimaafkan.

Paling enak yang nama nya laksa
Laksa di buat babeh naifin
Sodare-sodare besok pan puasa
Sekira aye punya salah tolong di maafin

Ke Cibubur nebeng ponakan
Terus ke Tanjung Priuk jalan-jalan
Santap sahur jangan kekenyangan
Ntar bawa'annye ngantuk pas tadarussan

Makan laksa jangan tertawa
Kalau tertawa nanti keselekkan
Berpuasa tanta taqwa
Shalat teraweh jangan dilupakan

Pantun Betawi, Pantun Agama, Pantun Betawi Agama, Pantun Nasehat, Pantun,
Pantun Betawi Agama (Part 2) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Jalan jalan ke rawamangun
Jangan lupa mampir ke pontianak
Ibu ibu cepetan dah pad bngun
Masakin buat saur yang enak enak

Jalan-jalan ke pisangan
sampe sana beli bubur
Jangan sampe kesiangan
Ayo cepetan bangun saur

Makan salak
Pake ubi celembu
Udah masuk imsak
Jangan lupa sholat subuh.

Makan nasi ame bocah ingusan
Makan nye di tempat lesehan
Abis subuh nyok kite tadarusan
Jangan sampe kite ke tiduran

Sie acong lagi nambel ban
Nambel nye di pasar kenari
Kite puase emang udah kewajiban
Agar mendapat ridho ilahi ..

Pantun Betawi, Pantun Agama, Pantun Betawi Agama, Pantun Nasehat, Pantun,
Pantun Betawi Agama (Part 2) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Hari Selasa masak semur
Bang Samiun lagi lembur
Walau puasa jangan banyak tidur
Bangun yuk jama'ah sholat Zuhur

Bang mamat bapanya lisa
Pembuat getuk dipasar ikan
Selamat berbuka puasa
Untuk kalian yg menjalankan

Ada ikan di aquarium,
Beli ikanny di tukang sayur,
Say ucapkn assalamualaikum,
Yuk kite sahur.

Sambil bediri nunggu tukang lakse,
Di liat-liatin ampe putus ase,,
Udah tiga belas ari kite puase,
Kalo di nikmatin kage berase

Makan lakse
Dimeja karambol
Alhamdulillah ane puase
Belum satupun ada yang jebol..

Ntu die Pantun Betawi Agama nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Rabu, 14 Juni 2017

Pantun Betawi Agama (Part 1)

Pantun Betawi Agama | Asal usul nama Betawi memiliki berbagai versi. Dari berbagai versi asal mula nama Betawi yang diajukan peneliti, ada satu versi yang menurut ane 'mungkin' benar. Kata Betawi mungkin berasal dari jenis pohon yang disebut Pohon Guling Betawi (Cassia Glauca) yang merupakan jenis pohon peredu. Pada zaman dahulu, pohon ini banyak tumbuh di Nusa Kelapa. Pohon ini mudah diraut dan kokoh. Olehkarenanya Pohon Guling Betawi ini banyak digunakan sebagai gagang senjata keris atau pisau.

Alasan kenapa versi ini mendekata benar tentang asal usul nama Betawi karena kita, bangsa Indonesia, sering menamakan daerah dari pohon yang khas tumbuh di daerah tersebut. Sebut saja, Gambir, Krekot, Bintaro, Grogol, merupakan nama-nama yang diambil dari nama Pohon. Gimana, nambah pinter gak?

Upaya untuk melestariakan budaya sangat banyak. Nah, salah satu yang ane lakuin sekarang adalah membagikan budaya khas betawi yang berupa pantun. Beirkut Pantun Betawi tentang Agama untuk teman-teman sekalian.

Hari minggu paling enak tamasya,
Oleh-oleh nya bawa tahu bulat.
Udah masuk waktu isyaaa,
Nyok kita pada shalat.

Layar perahu boleh tarikin,
Sepatu baru boleh di beliin.
Biar kata kita orang miskin,
Sholat 5 waktu jngan tinggalin.

Kali dangkal adenye di ciawi,
Eh..ntu kali banyak ikan nilanye.
Senakal- akalnye anak betawi,
Eh..masih punye yang namenye pahale.

Ada rante iket di gergaji,
Buat belah biji ketapang.
Ente malam jumat bukannya ngaji,
Eh malah ngadu cupang.

Ke Cimone naek DAMRI
Beli lilin di warung Umi
Maksud ane ngenalin diri
Biar terjalin silaturahmi.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Agama, Pantun Betawi Agama, Pantun Islami, Pantun Ramadhan.
Pantun Betawi Agama (Part 1) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Ibarat baju udah kepalang basah
Masak nasi udab jadi bubur
Biar aye mati berkalang tanah
Setapak kage nantiny aye bakal mundur

Makan permen jangan dikulum
Pegi jauh ke kalimantan
Ane permisi assalamualakum
Waktunya sholat jum'atan

Luar pelabuan namanya dermaga,
Jangan didektin takutnya ada sunami.
Kalo permpuam kepengen masuk sorga,
Harus turutin dah apa kata suami.

Halal bihalal diwaktu lebaran
Pake celana jin baju kemeja
Rejeki halal masih banyak bertebaran
Asal kita rajin dan mau bekerjaa

Anak melayu mengail ikan;
Perahu berlabuh ditengah lautan.
Sambil menunggu datangnya Ramadhan;
Pesan maaf kami sampaikan.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Agama, Pantun Betawi Agama, Pantun Islami, Pantun Ramadhan.
Pantun Betawi Agama (Part 1) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com


Kecubung batu dari Kalimantan;
Disanding elok degan berlian.
Berhubung sabtu udah Ramadhan;
Salah dan Khilaf mohon dimaafkan.

Tuan beristri elok nan rupanya;
Bermandi maghligai wajah nan jelita.
Ramadhan kini berada di ufuk mata;
Mari Bersama Tingkatkan Iman dan Taqwa.

Kembang melati sungguhlah indah;
Ditengah taman jadi hiasan.
Harum Ramadhan tercium sudah;
Kalau ada salah mohon dima'afkan.

Makan roti jangan berlari;
Kalaulah jatuh kita yang rugi.
Bersihkan hati sucikan diri;
Sambut Ramadhan sebentar lagi

Kong Darmin
Profesinye dukun sunat
Wahai Kaum Mukmin,
Nyok Sholat Jum'at.

Ntu die Pantun Betawi Agama nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Senin, 12 Juni 2017

Pantun Betawi Nasehat Bijak (Part 1)

Pantun Betawi Nasehat | Suku Betawi merupakan suku yang tergolong baru. Suku ini lahir dari perpaduan beberapa suku/kebudayaan yang sudah terlebih dahulu lahir, seperti: Sunda, Jawa, Arab, Melayu, Bugis, Bali, dan lain sebagainya. Perpaduan unik antar berbagai ragam suku/kebudayaan tersebut membentuk suku/kebudayaan yang baru yang kita kenal dengan istilah Betawi. Nah, salah satu kebudayaan Betawi yang masih lestari hingga sekarang adalah pantun. Pantun Betawi sarat akan nilai moral yang tinggi yang berupa nasehat-nasehat pada anak muda. Nah, berikut adalah beberapa Pantun Betawi Nasehat untuk teman-teman sekalian.

Makan permen jangan dikulum
Beli paku pada karat
Assalamualaikum
Yang gak nyaut biar pada asem urat

Sikukum nyebur ke kolam
Si melin beli terigu.
Waalaikum salam
Ni kenalin saya orang pasar minggu..

Ibarat baju udah kepalang basah
Masak nasi udab jadi bubur
Biar aye mati berkalang tanah
Setapak kage nantiny aye bakal mundur

Makan permen jangan dikulum
Pegi jauh ke kalimantan
Ane permisi assalamualakum
Waktunya sholat jum'atan

Luar pelabuan namanya dermaga,
Jangan didektin takutnya ada sunami.
Kalo permpuam kepengen masuk sorga,
Harus turutin dah apa kata suami.

Pantun Betawi, Pantun, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Bijak, Pantun Nasehat,
Pantun Betawi Nasehat Bijak (Part 1) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Makan ikan di bawah pohon.
Tatakin koran buat sawi.
Kita lestarikan budaya pantun.
Karna bagian dari seni budaya betawi...

Halal bihalal diwaktu lebaran
Pake celana jin baju kemeja
Rejeki halal masih banyak bertebaran
Asal kita rajin dan mau bekerjaa

Tuan beristri elok nan rupanya;
Bermandi maghligai wajah nan jelita.
Ramadhan kini berada di ufuk mata;
Mari Bersama Tingkatkan Iman dan Taqwa.

Makan roti jangan berlari;
Kalaulah jatuh kita yang rugi.
Bersihkan hati sucikan diri;
Sambut Ramadhan sebentar lagi

Kong Darmin
Profesinye dukun sunat
Wahai Kaum Mukmin,
Nyok Sholat Jum'at.

Pantun Betawi, Pantun, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Bijak, Pantun Nasehat,
Pantun Betawi Nasehat Bijak (Part 1) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Ke Cibubur nebeng ponakan
Terus ke Tanjung Priuk jalan-jalan
Santap sahur jangan kekenyangan
Ntar bawa'annye ngantuk pas tadarussan

Makan laksa jangan tertawa
Kalau tertawa nanti keselekkan
Berpuasa tanta taqwa
Shalat teraweh jangan dilupakan

Makan nasi ame bocah ingusan
Makan nye di tempat lesehan
Abis subuh nyok kite tadarusan
Jangan sampe kite ke tiduran

Sie acong lagi nambel ban
Nambel nye di pasar kenari
Kite puase emang udah kewajiban
Agar mendapat ridho ilahi ..

Buah buni jangan diungkep
Anak Beruk maen di Taman
Cari bini jangan yang cakep
Kalo Hatinya gak seiman..

Ntu die Pantun Betawi Nasehat nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Minggu, 19 Maret 2017

Pantun Betawi Lucu Gokil (Part 2)

Pantun Betawi Lucu | Fakta unik tentang Suku Betawi adalah Pada zaman kolonial Belanda tahun 1930, kategori orang Betawi yang sebelumnya tidak pernah ada justru muncul sebagai kategori baru dalam data sensus tahun tersebut. Jumlah orang Betawi sebanyak 778.953 jiwa dan menjadi mayoritas penduduk Batavia waktu itu.

Berikut adalah Pantun Betawi Lucu untuk teman-teman sekalian.

Ada rante iket di gergaji,
Buat belah biji ketapang.
Ente malam jumat bukannya ngaji,
Eh malah ngadu cupang.

Gunung kawi kliatan plangi,
Sorban Pak Erte libetin sangkar.
Depan Al-hawi baunya wangi,
Pas depan rumah ente baunya kek kabel kebakar.

Kelabang demennya makan undur undur
Daerah plosok di nusa kembangan
Udah bang ente cuci kaki terus tidur 
Nanti besok sekolahnya ke siangan

Makan paye di lap pakai tisu
Tisunya ditiup ke awan
Aye emang suka minum susu
Tapi susunya susu perawan

Lapangan banteng lewatnya setu,
Lewat krukut banyak ditanem padi.
Lah kalo eneng takut ama hantu,
Gausah khwatir pan ada Bang andi.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Lucu Gokil (Part 2) | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Jaka tingkir makan sayur katuk
Ke masjid at-tin lewat babelan
Lo pikir mata gue ngantuk
Buatin gue kopi rada kentelan

Disono kosong, disini kosong
Yang ada batang tembakau
Liat kantong lagi kosong
Bini abang jadi galau...

Pelem horor suara nya di gede'in,
Akar kelapa ampe somplak di godotin.
Gayanya menor rambut dibule-bulein,
Ampe lupa jemur opak belum diangkatin.

Jalan-jalan ke arah joglo
Pulangnya Lewat bantar gebang
Kalo ada anaknya yang jomblo
Bilangin ya mpok ama abang

Pisang gepok dari Pulo
Jalan kaki injek kelabang
Ade sih anak Mpok yang jomblo
Cuman laki same Kaye Abang

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Lucu Gokil (Part 2) | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Pisang ditaro di klenteng
Kuncup mude dijambangan
Jangan mau ame Bang Ucup Neng
Die pemude taun 60 an..

Injek paku dipinggir kali
Gecek Bako dimalem hari
Ente ngaku punya nyali
Liat cicek aja dah lari.

Paling enak musik gambang kromong
Ambil bambu buat bikin pancing
Eeeehh ente semua jangan pada banyak omong
Mending pada pulang minum obat cacing.

Ikan patin bolom di goreng udah bulukan
Bayam diikat pakai kayu rotan
Bang ucup di liatin dari jauh kaya Sahrul Khan
Pada dekat kaya orang utan.

Pohon padi daunnya tipis
Pohon nangka berbiji lonjong
Memang ucup orangnya manis
Tapi Kalo tertawa giginya ompong

Ntu die Pantun Betawi Lucu nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Jumat, 17 Maret 2017

Pantun Betawi Rayuan Gombal (Part 2)

Pantun Gombal | Kata Betawi digunakan untuk menyatakan suku asli yang menghuni Jakarta. Kata Betawi berasal dari kata Betawi (Bahasa Melayu Brunei) di mana kata Betawi digunakan untuk menyebut giwang. Nama ini mengacu pada ekskavasi di Babelan, Kabupaten Bekasi, yang banyak ditemukan giwang dari abad ke-11 M. Kebudayaan Betawi yang masih tetep exist sampai sekarang adalah pantunya. Dan pantun betawi terkenal akan gombalannya. Berikut adalah Pantun Betawi Gombal.

Dari Padang ke Cibubur
Gosok batu batunye ancur
Nih ari Abang kage mundur
Bae bae besok kecebur

Burung trucuk kuburan cina
Kuburan islam ane yang ngajiin
Walau itu cewek ada yang punya
Tetep aye yang jadiin

Eeehhh bang kaga salah abang beli lemari
Tpi sayang gak ada kuncinye
Gak salah abang dateng kemari
Tuh cewek aye yang punye

Kucing kurus mandi dipapan
Papanya sikayu jati
Badan gue kurus bukannya tak makan
Karna mikirin sijantung hati

Jika aku seorang pemburu
Anak rusa kan kudapati
Jika kamu merasa cemburu
Tanda cinta masih sejati

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Rayuan Gombal (Part 2) | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Duduk diloteng adem hawa nya,
Pohon kedondong jarang dipetikin.
Kalo si eneng belum ada yg punya,
Boleh dong kalo abang deketin.

Duduk diloteng adem hawanya
Pepaye diambil sama orang miskin
Si eneng pan udah Ada yang punya
Aye duluan yg udah deketin

Sayur lodeh pancinya dinaekin,
Sambel pete enaknya buatan nyonya.
Biarin dah ente yang deketin.
Ente emaknya kalo ane anaknya

Gandeng tangan sama si Yayang
Si Yayang pergi lebaran
Kalo kita saling menyayang
Boleh donk abang bawa lamaran

Ke indramayu lewatnya jembatan comal,
Bawa perlengkapan taro di depan gerbang.
Bukan ngerayu atau pun ngegombal,
Tapi ini ungkapan dari dalam hati abang.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Rayuan Gombal (Part 2) | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Ada pintu gak pake engsel
Cuma nempel gitu ajah
Gak usah pake kesel
Kalo kangen ngaku ajah

Bunga kuncup dipinggir kali,
Emang cuma Ucup yang punya nyali.

Jalan-jalan ke joglo
Pulangnya digodain
Kalau ada yang jomblo 
Emang mau dijodohin

Mangga golek warnanya surem,
Ada centeng tampangnya ganteng.
Mata melek kagak bisa merem,
Ngguin eneng kagak dateng-dateng.

Ngelap kembang di hari minggu
Makan sekuteng minumnya panta
Maap ye bang kelamaan nunggu
Nih aye dateng membawa cinta

Ntu die Pantun Betawi Gombal Lucu (part 2) nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Rabu, 15 Maret 2017

Pantun Betawi Cinta Romantis

Pantun Betawi Cinta | Betawi merupakan kelompok etnis yang tergolong baru di pulau Jawa. Menurut penelitian kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti orang Sunda, Melayu, Jawa, Arab, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, dan Tionghoa. Ada beberapa macam kebudayaan Betawi, salah satunya adalah Pantun. Berikut adalah kumpulan Pantun Cinta Khas Betawi.

Intan beli rambutan, 
Rambutan dari cipinang. 
Mantan bukan pahlawan,
Tidak perlu untuk dikenang.

Makan ketan dicampur bakwan,
Jaket kulit ngebungkus pakan.
Mantan memang bukan pahlawan,
Tapi sulit tuk di lupakan.

Banyak arus tapi banyak ikan,
Ambil saringan di atas loteng.
Abang kurus bukan kurang makan,
Tapi karna keseringan mikirin eneng.

Naik sepeda kena paku,
Minum jamu sambil baca buku.
Kalo garuda itu didadaku,
Kalo kamu di hatiku.

Duduk diloteng adem hawa nya,
Pohon kedondong jarang dipetikin.
Kalo si eneng belum ada yg punya,
Boleh dong kalo abang deketin.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Cinta Romantis | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Duduk diloteng adem hawanya
Pepaye diambil sama orang miskin
Si eneng pan udah Ada yang punya
Aye duluan yg udah deketin

Sayur lodeh pancinya dinaekin,
Sambel pete enaknya buatan nyonya.
Biarin dah ente yang deketin.
Ente emaknya kalo ane anaknya

Gandeng tangan sama si Yayang
Si Yayang pergi lebaran
Kalo kita saling menyayang
Boleh donk abang bawa lamaran

Ada pintu gak pake engsel
Cuma nempel gitu ajah
Gak usah pake kesel
Kalo kangen ngaku ajah

Naek kereta jurusan tegal
Beli ruti dibelah dua
Klo cinta jangan ditinggal
Sehidup semati harus berdua.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Cinta Romantis | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Mangga golek warnanya surem,
Ada centeng tampangnya ganteng.
Mata melek kagak bisa merem,
Ngguin eneng kagak dateng-dateng.

Ngelap kembang di hari minggu
Makan sekuteng minumnya panta
Maap ye bang kelamaan nunggu
Nih aye dateng membawa cinta

Nenteng sekuteng muterin kota,
Bawa sejadah kasih mantu di tanah koja.
Kalo emang eneng dateng membawa cinta,
Yaudah taro dulu situ di meja.

Makan tape di bantar gebang
Beli sajadah dari sekarang
Yah ilah jangan nape bang
Ntar ajadah diambil orang

Ke solo naek onta lewat sebrang,
Liat qosidah di rumah tukang.
Kalo emang cintanya takut diambil orang,
Lah pindain dah di laci blakang.

Ntu die Pantun Betawi Cinta Romantis (part 1) nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Senin, 13 Maret 2017

Adu Pantun Betawi Battle 4-8

Adu Pantun Betawi | Dalam pernikahan adat betawi, ada dua jawara pantun yang beradu. Merka adu pantun yang intinya si agar calon mempelai pria diterima oleh keluarga mempelai wanita. Adu pantun sekarang ini juga sering terjadi di medsos. Intinya si bukan menunjukan siapa yang hebat atau siapa yang menang. Tapi lebih kepada hiburan dan bercengkrama semata. Nah berikut adalah adu pantun betawi Battle 4-8.

Battle 4

Ke Sudin enaknya lewat Jagorawi,
Niat apel di area perkantoran.
Bang Udin ngakunya anak betawi,
Liat ondel-ondel dia gemeteran.

Ke Kota Kembang lewat tol jagorawi
Ikan patin belinya di cibubur
Eh bang Andi kayanya si ngaku orang betawi
Liatin ondel-ondel aja dia kabur

Betadin tuangin di daon sawi,
Sepatu ninja dibakal injek jalu.
Bang udin gausah lagu-laguan jadi orang betwi,
Pantunnya aja nyontek melulu.

Sayur pete pake kelapa,
Ban gelinding jln nya miring.
Gua kata juga apa,
Mending ente cuci piring.

Battle 5

Ke cilebut aja naek taksi,
Di jalan layang pintunya kebuka.
Ane salut ente kalo krja pake dasi,
Tapi sayang yang dipake dasi pramuka.

Taksi dasinya tebuka
Buah pier buah pepeya
Gak apa-apa pake dasi peramuka
Tapi kan ente jadi supier saya...

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Adu Pantun Betawi Battle 4-8 | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Battle 6

Gunung kawi kliatan plangi,
Sorban Pak Erte libetin sangkar.
Depan Al-hawi baunya wangi,
Pas depan rumah ente baunya kek kabel kebakar.

Pedang besi karat dilap tisu,
Pake piyamah duduk di teras.
Kalo orang mah mo sehat minum susu,
Eh ini mah malah minum aer beras.

Makan paye di lap pakai tisu
Tisunya ditiup ke awan
Aye emang suka minum susu 
Tapi susunya susu perawan

Battle 7

Jaka tingkir makan sayur katuk
Ke masjid at-tin lewat babelan
Lo pikir mata gue ngantuk
Buatin gue kopi rada kentelan

Minum kopi di tepi pantai 
Jangan lupa makan pepaya
Kalau ngopi terlalu santai
Kapan jadi orang kaya?

Buaya adanya di bendungan,
Kulit paya dibikin cemilan Pok Odah.
Kalo kaya mah urusan belakangan,
Kalo ente mo kaya juga duluan gi dah

Aki aki bawa buntelan
Beli tahu di keranjang 
Kita ngopi yang rada kentelan
Sama roko samsu sebatang

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Adu Pantun Betawi Battle 4-8 | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Battle 8

Paling enak musik gambang kromong
Ambil bambu buat bikin pancing
Eeeehh ente semua jangan pada banyak omong
Mending pada pulang minum obat cacing.

Ngomong bukan sembarang ngomong
Ngomong ye bales pantun Abang
Kalo emang ane banyak omong
Ane minte maaf dah bang.

Bang Jalu makan tahu
Bang Nirin Idung nye mimisan
Kalo Abang pengen tau
Nih kenalin yang punya Kemanggisan....

Dari mana asalnya manisan
Setelin gue musik yang melow-melow
Oohh jadi lu anak kemanggisan
Terus gue mesti bilang woooooiww

Ke Cimone naek DAMRI
Beli lilin di warung Umi
Maksud ane ngenalin diri
Biar terjalin silaturahmi.

Kalo beli lilin di warung umi
Naek aja angkot kopaja
Kalo maksud ente kenalin diri
Kemaren-kemaren kemana aja

Ntu die Adu Pantun Betawi battle 4-8 nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Minggu, 12 Februari 2017

Adu Pantun Betawi Battle 1-3

Adu Pantun Betawi | Pantun betawi merupakan salah satu potret sosial masyarakat betawi. Pantun ini bisa ditemukan di berbagai kesenian betawi baik lagu, puisi, dan karya sastra lainnya. Pantun betawi juga menjadi salah satu unsur adat dalam perkawinan khas betawi. Adu pantun merupakan ciri khas pernikahan anak-anak betawi ketika jagoan pantun dari dua keluarga bertemu dan beradu pantun. Tidak cuma itu, adu pantun juga menjelma menjadi sarana komunikasi sehari-hari dimana anak-anak betawi beradu pantun untuk menjalin keakraban. Berikut adalah beberapa battle dari adu pantun khas betawi.

Battle 1

Ikan cere matinya direndem,
Ambil topi sama songkok dibelakang.
Sore-sore suasananya adem,
Sambil ngopi sama rokok sebtang.

Paling enak liburan ke bali
Pulangnya lewat blakang
Cuma mo tau, Tu rokok beli
Apa ngutang?

Badan onta keliatan tulang,
Ke pondok labu lewatnya Tb Simatupang.
Bukan hasil minta apa hasil ngutang,
Ada duit 3 ribu beli aja dua batang.

Ayam bangkok suaranya amat lantang,
Jam dinding di pasang di tembok sebelah.
Eh kasian banget beli rokok cuma beli 2 batang,
Mending cuci kaki tidur besok sekolah.

Disapa gak taunya Pak Tatang,
Anak kepiting jalannya lantang.
Gak papa beli cuman dua batang,
Yang penting kagak ngutang.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Adu Pantun Betawi Battle 1-3 | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Battle 2

Jalan-jalan ke pondok gede, 
Jangan lupa membelli Kit. 
Semalam hujan emang gede, 
Pagginya saya langsung sakit. 

Nyebrang kali naik rakit,
Pulangnya beli soto babat.
Kalo badan ente ngerasa sakit,
Ya pegi brobat.

Beli biskuit jangan dianter,
Baju batik modelnya daster.
Kalo sakit pegi ke dokter,
Minta disuntik ame suster.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Adu Pantun Betawi Battle 1-3 | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Battle 3

Duduk diloteng adem hawa nya,
Pohon kedondong jarang dipetikin.
Kalo si eneng belum ada yg punya,
Boleh dong kalo abang deketin.

Duduk diloteng adem hawanya
Pepaye diambil sama orang miskin
Si eneng pan udah Ada yang punya
Aye duluan yg udah deketin

Sayur lodeh pancinya dinaekin,
Sambel pete enaknya buatan nyonya.
Biarin dah ente yang deketin.
Ente emaknya kalo ane anaknya

Kalo pohon kedondong jarang dipetikin
Abang ambil aja daun pepaye
Boleh kalo abang mo deketin
Tpi ijin dulu ama aye,

Batang pete rebah diempang,
Rumput basah ditaroin bangle.
Bang ma'ap ente salah orang,
Yang ane maksud si aisyah bkn nenek-nenek sengkle.

Pete dimasak sampe mateng
Enek perut kalo makan sama ikan patin
Ente ente jangn sok kaya orang ganteng
Nenek nenek aja sampe di rebutin

Ntu die Adu Pantun Betawi nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Sabtu, 11 Februari 2017

Pantun Betawi Rayuan Gombal (Part 1)

Pantun Betawi Gombal | Pantun betawi memang menari. Pantun ini sering kali nongol di tv sebagai bahan guyonan pelawak-pelawak di program lawak masing-masing. Mungkin karena sifat pantun betawi yang cenderung luwes dan tidak kaku, makanya pantun betawi masih saja eksis di zaman modern sekarang ini. Salah satu genre pantun betawi yang sering nongol di tv adalah pantun gombal. Nah, berikut adalah beberapa pantun gombal lucu pilihan untuk kalian semua.

Jalan-jalan ke arah joglo
Pulangnya Lewat bantar gebang
Kalo ada anaknya yang jomblo
Bilangin ya mpok ama abang

Pisang gepok dari Pulo
Jalan kaki injek kelabang
Ade sih anak Mpok yang jomblo
Cuman laki same Kaye Abang

Pisang ditaro di klenteng
Kuncup mude dijambangan
Jangan mau ame Bang Ucup Neng
Die pemude taun 60 an..

Injek paku dipinggir kali
Gecek Bako dimalem hari
Ente ngaku punya nyali
Liat cicek aja dah lari.

Jalan-jalan ke joglo
Pulangnya digodain
Kalau ada yang jomblo 
Emang mau dijodohin

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Rayuan Gombal (Part 1) | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Ikan patin bolom di goreng udah bulukan
Bayam diikat pakai kayu rotan
Bang ucup di liatin dri jauh kaya Sahrul Khan
Pada dekat kaya orang utan.

Pohon padi daunnya tipis
Pohon nangka berbiji lonjong
Memang ucup orangnya manis
Tapi Kalo tertawa giginya ompong

Kacang di rebus biar mateng
Mateng masak buah ke dondong
Bang ucup aye akuin si orangnya ganteng
Gantengnya si cuma di kampung gedong

Sarapan pagi pake tempe
Siang dikit pake jagung
Tampangnya ucup sih memang oke
Tapi sayang otaknya linglung

Mangga golek warnanya surem,
Ada centeng tampangnya ganteng.
Mata melek kagak bisa merem,
Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Rayuan Gombal (Part 1) | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com
Ngguin eneng kagak dateng-dateng.

Ngelap kembang di hari minggu
Makan sekuteng minumnya panta
Maap ye bang kelamaan nunggu
Nih aye dateng membawa cinta

Nenteng sekuteng muterin kota,
Bawa sejadah kasih mantu di tanah koja.
Kalo emang eneng dateng membawa cinta,
Yaudah taro dulu situ di meja.

Makan tape di bantar gebang
Beli sajadah dari sekarang
Yah ilah jangan nape bang
Ntar ajadah diambil orang

Ke solo naek onta lewat sebrang,
Liat qosidah di rumah tukang.
Kalo emang cintanya takut diambil orang,
Lah pindain dah di laci blakang.

Ibarat baju udah kepalang basah
Masak nasi udab jadi bubur
Biar aye mati berkalang tanah
Setapak kage nantiny aye bakal mundur

Ntu die Pantun Betawi Rayuan Gombal nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Jumat, 10 Februari 2017

Pantun Betawi Lucu Gokil (Part 1)

Pantun Betawi Lucu | Di Indonesia, sebagai rumpun adat melayu, tentunya sangat akrab sekali dengan yang namanya pantun. Hampir disetiap daerah memiliki pantun khasnya masing-masing, termasuk juga untuk masyarakat adat betawi. Pantun Betawi memiliki ciri atau corak yang berbeda dengan daerah lainnya. Ciri pantun betawi yang mencolok adalah penggunaan bahasa betawi yang khas dengan syair yang terkesan kocak, spontan, dan blak-blakan. Berikut kita hadirkan beberapa kumpulan pantun betawi yang bakan mengocok perut kalian semua. Semoga terhibur..

Ajak anak petik kecapi,
Anak nya malah petik buni.
Emang enak cuaca begini ngupi,
Abis ngupi ngelonin bini.

Bengkwang naro di peti
Itu peti banyak laba-labanye
Abang emang siap menanti
Tapi ngeri ame babehnye

Malem-malem makan sekuteng,
Makanya di atas bukit.
Gue akui muka lu ganteng,
Tapi sayang otak dikit.

Makan kentang dicampur kangkung,
Kangkungnya mirip ketan.
Orang bilang gue ganteng,
Ganteng nya mirip ariel peterpan.

Banyak arus tapi banyak ikan,
Ambil saringan di atas loteng.
Abang kurus bukan kurang makan,
Tapi karna keseringan mikirin eneng.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Lucu Gokil (Part 1) | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Naik sepeda kena paku,
Minum jamu sambil baca buku.
Kalo garuda itu didadaku,
Kalo kamu di hatiku.

Celincing pagernye tembok,
Pohon ninjo dibikin balok,,
Lantaran si eneng kencing kaga cebok,
Laler ijoo pada nemplok..

Piso lepit Sarungya inten
Orang gedut bayak anak ya.
Eneng jepit abang teken
Jangan dilepas sedeng enak ya

Ke Sudin enaknya lewat Jagorawi,
Niat apel di area perkantoran.
Bang Udin ngakunya anak betawi,
Liat ondel-ondel dia gemeteran.

Ke Kota Kembang lewat tol jagorawi
Ikan patin belinya di cibubur
Eh bang Andi kayanya si ngaku orang betawi
Liatin ondel-ondel aja dia kabur


Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Lucu Gokil (Part 1) | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Betadin tuangin di daon sawi,
Sepatu ninja dibakal injek jalu.
Bang udin gausah lagu-laguan jadi orang betwi,
Pantunnya aja nyontek melulu.

Pete dimasak sampe mateng
Enek perut kalo makan sama ikan patin
Ente ente jangn sok kaya orang ganteng
Nenek nenek aja sampe di rebutin

Sayur pete pake kelapa,
Ban gelinding jln nya miring.
Gua kata juga apa,
Mending ente cuci piring.

Ke cilebut aja naek taksi,
Di jalan layang pintunya kebuka.
Ane salut ente kalo krja pake dasi,
Tapi sayang yang dipake dasi pramuka.

Taksi dasinya tebuka
Buah pier buah pepeya
Gak apa-apa pake dasi peramuka 
Tapi kan ente jadi supier saya...

Ntu die Pantun Betawi Lucu nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Lucu abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun lucu khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia.
About Us | Privacy Policy | Disclaimer | Contact Us